Desain Pembelajaran


DESAIN PEMBELAJARAN YANG MODERN

Oleh: Zahid Zufar At Thaariq

Pendidikan adalah suatu harapan besar dari pembangunan sumber daya manusia. Manusia yang berpendidikan akan sangat dibutuhkan dalam variasi perkembangan saat ini. Menghadapi hal tersebut dibutuhkan variasi pembelajaran yang beragam yang dilakukan oleh guru dalam membelajarkan siswa. Tak pelak, siswa dihadapkan dengan kecanggihan teknologi yang beragam. Maka, dibutuhkan desain pembelajaran yang modern sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Tulisan ini sedikit akan menjelaskan mengenai desain pembelajaran yang modern pada abad 21.
Tujuan pendidikan pada dasarnya adalah untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri manusia. Potensi pada tiap individu sangatlah beragam. Ada yang menyukai dunia olahraga, seni, akademis, dan sebagainya. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban umum para pengajar dalam mengolah pembelajaran yang baik.
Pada prinsipnya, pendidikan output-nya adalah menjadi manusia yang berkarakter. Percuma dia pintar secara kognitif, namun dalam hal sikap kurang terpuji. Sangat disayangkan apabila generasi yang seperti itu tumbuh subur di muka bumi Indonesia tercinta. Akhirnya banyak oknum-oknum yang terindikasi kasus-kasus. Semisal kasus korupsi, pembunuhan, pelecehan seksual dan sebagainya. Semua itu disebabkan oleh rendahnya moral yang dimiliki.
Pembelajaran saat ini menekankan pada kompetensi yang hendak dicapai. Kompetensi semacam itu kiranya sebagai tolak ukur keberhasilan belajar dari siswa. Siswa dengan keberhasilan belajar yang tinggi dapat memahami segala struktur materi yang disampaikan. Struktur materi tentunya sangat beragam. Keberagaman tersebut haruslah disesuaikan dengan bakat minat yang ada pada siswa. Kalau ia minat di bidang olahraga, maka arahkan ia untuk berhasil di bidang olahraga. Seperti kata Ki Hadjar Dewantara, pendidikan pada dasarnya bertujuan membangun manusia yang seutuhnya.
Dalam membangun manusia yang seutuhnya, desain pembelajaran yang tepat menjadi kunci dari semua hal tersebut. Desain pada dasarnya rancangan. Berarti desain pembelajaran adalah rancangan dalam membelajarkan siswa. Tujuan utama yang harus ditekankan dalam mendesain pembelajaran adalah menerapkan peta pola pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik belajarnya. Maka untuk menerapkan hal tersebut, guru perlu membaca banyak psikologi tentang anak. Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran modern
Pembelajaran modern bukan berarti pembelajaran dengan menggunakan teknologi serba canggih. Pembelajaran modern berarti pembelajaran yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Guru yang baik adalah ia yang dapat mendesain pembelajaran yang modern dengan segala fasilitas dan sumber belajar yang ada. Hal itu dikarenakan guru sebagai seorang pemimpin yang harus mampu mengelola siswa sebagai bawahannya. Desain pembelajaran yang tepat adalah kuncinya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisuda Series #1

TEP JAYA!!!