Desain Pembelajaran
DESAIN PEMBELAJARAN YANG MODERN
Oleh: Zahid Zufar At
Thaariq
Pendidikan
adalah suatu harapan besar dari pembangunan sumber daya manusia. Manusia yang
berpendidikan akan sangat dibutuhkan dalam variasi perkembangan saat ini.
Menghadapi hal tersebut dibutuhkan variasi pembelajaran yang beragam yang
dilakukan oleh guru dalam membelajarkan siswa. Tak pelak, siswa dihadapkan
dengan kecanggihan teknologi yang beragam. Maka, dibutuhkan desain pembelajaran
yang modern sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Tulisan
ini sedikit akan menjelaskan mengenai desain pembelajaran yang modern pada abad
21.
Tujuan
pendidikan pada dasarnya adalah untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri
manusia. Potensi pada tiap individu sangatlah beragam. Ada yang menyukai dunia
olahraga, seni, akademis, dan sebagainya. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban
umum para pengajar dalam mengolah pembelajaran yang baik.
Pada prinsipnya,
pendidikan output-nya adalah menjadi
manusia yang berkarakter. Percuma dia pintar secara kognitif, namun dalam hal
sikap kurang terpuji. Sangat disayangkan apabila generasi yang seperti itu
tumbuh subur di muka bumi Indonesia tercinta. Akhirnya banyak oknum-oknum yang
terindikasi kasus-kasus. Semisal kasus korupsi, pembunuhan, pelecehan seksual
dan sebagainya. Semua itu disebabkan oleh rendahnya moral yang dimiliki.
Pembelajaran
saat ini menekankan pada kompetensi yang hendak dicapai. Kompetensi semacam itu
kiranya sebagai tolak ukur keberhasilan belajar dari siswa. Siswa dengan
keberhasilan belajar yang tinggi dapat memahami segala struktur materi yang
disampaikan. Struktur materi tentunya sangat beragam. Keberagaman tersebut
haruslah disesuaikan dengan bakat minat yang ada pada siswa. Kalau ia minat di
bidang olahraga, maka arahkan ia untuk berhasil di bidang olahraga. Seperti
kata Ki Hadjar Dewantara, pendidikan pada dasarnya bertujuan membangun manusia
yang seutuhnya.
Dalam membangun
manusia yang seutuhnya, desain pembelajaran yang tepat menjadi kunci dari semua
hal tersebut. Desain pada dasarnya rancangan. Berarti desain pembelajaran
adalah rancangan dalam membelajarkan siswa. Tujuan utama yang harus ditekankan
dalam mendesain pembelajaran adalah menerapkan peta pola pembelajaran yang
disesuaikan dengan karakteristik belajarnya. Maka untuk menerapkan hal
tersebut, guru perlu membaca banyak psikologi tentang anak. Hal ini sesuai
dengan prinsip pembelajaran modern
Pembelajaran
modern bukan berarti pembelajaran dengan menggunakan teknologi serba canggih.
Pembelajaran modern berarti pembelajaran yang mampu menyesuaikan dengan
perkembangan zaman. Guru yang baik adalah ia yang dapat mendesain pembelajaran
yang modern dengan segala fasilitas dan sumber belajar yang ada. Hal itu
dikarenakan guru sebagai seorang pemimpin yang harus mampu mengelola siswa
sebagai bawahannya. Desain pembelajaran yang tepat adalah kuncinya.
Greaattt.....
BalasHapus