Media Gambar

Manfaat Media Gambar dalam Proses Belajar Mengajar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca yang terhormat, Saya ingin menyampaikan suatu informasi yang berkaitan dengan keilmuan yang saya dapat di Jurusan Teknologi Pendidikan. Saya menyampaikan hal ini karena adanya kebermanfaatan dari topik yang saya ambil ini. Saya tidak bermaksud menggurui, namun saya hanya ingin menyampaikan sedikit yang saya dapat di perkuliahan. Dalam postingan ini saya akan membahas sedikit tentang media gambar yang ternyata memiliki manfaat dalam membantu kelancaran proses belajar mengajar.

Sebelum mengetahui tentang manfaat media gambar, kiranya perlu dijabarkan topik kita kali ini. Menurut Sihkabuden (2017), media adalah suatu alat atau sarana atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara atau saluran atau jembatan dalam kegiatan komunikasi antara komunikator dengan komunikan. Gambar adalah sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan atau pikiran (Yuswanti, 2015). Proses belajar mengajar adalah interaksi antara guru dan siswa yang menghasilkan tingkah laku belajar bagi siswa.

Berdasarkan argumen saya, manfaat dari adanya media gambar dalam proses belajar mengajar adalah:
1.  Sebagai jembatan dari apa yang disampaikan oleh guru
2.  Mampu memvisualisasikan teks, sehingga mudah dipahami
3.  Mempermudah guru dalam membelajarkan siswanya
4.  Mampu membangun imajinasi pada diri siswa

Media gambar yang sering digunakan dalam hal ini adalah foto, papan flanel, lukisan, dan sebagainya. 

Demikian yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kurang lebihnya, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Daftar Rujukan

Sihkabuden. 2017. Media Pembelajaran. Modul Mata Kuliah Media Pembelajaran Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang
Yuswanti. 2015. Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4


Zahid Zufar At Thaariq
Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis
Jurusan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisuda Series #1

TEP JAYA!!!